Minggu, 07 Agustus 2016

VISI dan MISI

VISI
Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Nepo ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Nepo seperti pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya.Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Nepo adalah :
 
MEWUJUDKAN KESEJAHTRAAN DAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT DESA NEPO MELALUI PEMANFAATAN POTENSI SUMBER DAYA LOKAL
 

MISI
Selain Penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya visi desa tersebut.Visi berada di atas Misi. Pernyataan Visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan / dikerjakan. Sebagaimana penyusunan Visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Nepo , sebagaiman proses yang dilakukan maka misi Desa Nepo adalah : 
  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik Aparat Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Permusyawaratan Masyarakat Desa maupun Lembaga Kemasyarakatan Desa seperti PKK, Karang Taruna dan lain sebagainya.
  2. Mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang akan mengakomodir dan memajukan pelaku-pelaku usaha di bidang perekonomian kreatif dan kerakyatan seperti pinjaman Modal dan Dana bergulir. 
  3. Peningkatan/Perbaikan Jalan Desa, Jalan Stapak, Drainase Jalan, membangun jalan Tani, pembangunan poskamling dan penambahan pembangunan posyandu.
  4. Meningkatkan IMan dan Taqwa masyarakat, menghidupkan pengajian, majelis taklim dan kegiatan keagamaan lainnya. 
  5. Peningkatan pelayanan prima terhadap masyarakat, Transparansi dan akuntabel. 
  6. Meningkatkan penghasilan perangkat Desa dan BPD sesuai peraturan perundang-undangan. 
  7. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat pada setiap kegiatan baik fisik maupun non fisik. 
  8. Memelihara lingkungan dan sumber daya alam
  9. Memaksimalkan Peranan Generasi Muda
  10. Memaksimalkan kesetaraan Gender bagi kaum Perempuan
  11. Peningkatan Produksi hasil Pertenunan, Pertanian dan Nelayan. 
  12. Mengupayakan peningkatan program Kemiskinan untuk RTM tetap berjalan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA POSYANDU LANSIA TINGKAT PROVINSI, NEPO MERAIH JUARA PERTAMA

Lansia sebagai penduduk dengan tingkat kemampuan fisik dan mental yang sudah berkurang atau tak lagi kokoh perlu mendapatkan perhatian l...